Sep 14, 2010

JARAK NADA / INTERVAL NADA

Memperhatikan tempat / kedudukan nada-nada dari C (do) sampai dengan B (si) dan seterusnya pada gitar maka terlihat bahwa antara nada yang satu dengan nada yang lain memiliki jarak tetap.

Ternyata jarak antara nada 'do' dan 're' tersebut melalui dua kolom. Jika antar kolom berjarak 1/2(setengah), maka antar dua nada tersebut berjarak 1(satu), atau dua kolom = 2 x 1/2 = 1 (satu). Jarak tetap antar nada ini disebut sebagai "tone".

Cara menghitung jarak antar nada dengan satu senar pada gitar tersebut adalah sebagai beriku:
  1. Petik senar gitar tanpa ditekan (los), maka akan menghasilkan nada C (do). Dalam hal ini sebenarnya tekanan tetap ada namun tidak dilakukan oleh ujung jari melainkan oleh posisi senar pada stang gitar itu sendiri pada krip pertama.
  2. Jika senar satu dipetik dengan tekanan pada kolom kedua maka akan menghasilkan nada D (re). Jarak antara nada adalah dua kolom, berarti jarak nada 'do' ke nada re adalah satu nada.
  3. Jika senar satu dipetik dengan tekanan pada kolom keempat maka akan menghasilkan nada E (mi), dengan jarak antar nada D (re) dan E (mi) adalah satu nada ( dua kolom ).
  4. Jika senar satu dipetik dengan tekanan nada pada kolom kelima maka akan menghasilkan nada F (fa) dengan jarak nada antara E (mi) ke F (fa) adalah 1/2(setengah) nada, yakni hanya satu kolom.
  5. Jika senar satu dipetik dengan tekanan nada pada kolom ke tujuh maka akan diperoleh nada G (sol) dengan jaran nada 'fa' ke 'sol' adalah satu nada, (dua kolom).
  6. Jika senar satu dipetik dengan tekanan nada pada kolom sembilan maka akan diperoleh nada A (la) dengan jarak nada 'sol' ke 'la' adalah satu nada, (dua kolom).
  7. Jika senar satu dipetik dengan tekanan nada pada kolom kesebelas maka akan diperoleh nada B (si) dengan jarak nada 'la' ke 'si' adalah satu nada, (dua kolom).
  8. Jika senar satu dipetik dengan tekanan nada pada kolom ke duabelas maka akan diperoleh nada C (do) dengan jarak nada dari 'si' ke 'do' adalah setengah nada.


Selamat mencoba..........

1 comment:

Kami sangat berterima kasih jika anda bersedia memberikan komentar, tidak hanya sekedar mengunjungi blog ini kemudian meninggalkannya begitu saja.
BUDAYAKAN KOMENTAR.

SUKSES BUAT SEMUA..................